Bauran
Pemasaran
Kotler
(2000:18) mendefinisikan bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran
yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar
sasaran. Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel terkendali yang dapat
digunakan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu
yang dituju perusahaan.
Menurut
pendapat diatas bahwa variabel-variabel bauran pemasaran dapan dikendalikan
oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat menyelaraskannya untuk dapat mencapai
tingkat penjualan yang diinginkan. Mc Carthy (Kotler, 2000:18)
mempopulerkan sebuah klasifikasi empat unsur dari alat-alat bauran pemasaran
yang dikenal dengan empat P (four Ps) yaitu produk (product), harga
(price), tempat/distribusi (place), promosi (promotion).
1. Product
(Produk)
Produk merupakan unsur pertama dan yang paling penting dalam bauran
pemasaran. Perencanaan bauran pemasaran dimulai dengan memformulasikan suatu
penawaran yang dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Kotler
(2000:448) menjelaskan bahwa produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan
ke pasar untuk diperhatikan , diperloleh, digunakan, atau dipasarkan meliputi
barang-barang fisik, pengalaman, peristiwa, orang , tempat, property,
organisasi, gagasan.
2. Price
(Harga)
Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa.
Secara lebih luas, harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen
untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa.
(Kotler, 2005).
3.
Promotion (Promosi)
Promosi mencakup semua kegiatan yang
dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya pada
pasar sasaran (Kotler, 2005)
4. Place
(Tempat)
Definisi menurut Philip Kotler mengenai
distribusi adalah "Berbagai perusahaan berusaha membuat produk dapat
diakses dan tersedia untuk target pelanggan"
Sekarang
saya akan coba membahas variabel-variabel bauran pemasaran yang terdapat pada
produk makanan Gigi Eat Cake
Gigi
Eat Cake
Cake unik
hasil kreasi selebriti Nagita Slavina dan raffi Ahmad ini dikemas dan dinamai
Gigi Eat Cake, tentu disertai jargon #segigitbikinhits dan #Gigitgigitgigit.
Cake ini telah menjadi favorit masyarakat yang mencicipinya. Tentu cita rasa Gigi Eat Cake ini spesial. Gigi Eat Cake ini spesialis di kue bolu lapis. Tapi uniknya dan yang membedakan dari kue-kue lainnya, bagian tengah kue bolu ini ada lapisan chrunchy sepertti adonan pie, ditambah ada manis-manis dari icing sugarnya. Tekstur kue nya lembut dan kering, tidak berminyak. Overall tidak terlalu manis.
Cake ini telah menjadi favorit masyarakat yang mencicipinya. Tentu cita rasa Gigi Eat Cake ini spesial. Gigi Eat Cake ini spesialis di kue bolu lapis. Tapi uniknya dan yang membedakan dari kue-kue lainnya, bagian tengah kue bolu ini ada lapisan chrunchy sepertti adonan pie, ditambah ada manis-manis dari icing sugarnya. Tekstur kue nya lembut dan kering, tidak berminyak. Overall tidak terlalu manis.
a. Produk
Gigi Eat Cake menyediakan berbagai macam
pilihan produk kue dengan beraneka ragam pilihan rasa. Tujuan dibuatnya beragam
jenis produk adalah untuk mempermudah konsumen memilih produk kue sesuai dengan
selera masing-masing. Adapun produk-produk
yang mereka tawarkan adalah:
1. Gigi Eat Cake Pandan
2.
Gigi Eat Cake Berry
3.
Gigi Eat Cake Coklat Kuadrat
4.
Gigi Eat Cake Pisu (Pisang Susu)
5.
Gigi Eat Cake Coju (Cokelat Keju)
6. GigiEat Cake Pink Velvet
7. Gigi Eat Cake D-Choco
8. GigiEat
Cake D-Cheez
b. Price (Harga)
Harga yang ditawarkan Gigi Eat
Cake juga bermacam-macam, mulai dari 60k rupiah sampai 65k rupiah. Berikut daftar
harga gigi eat cake:
1. Gigi Eat Cake Pandan :
Rp. 60.000,00
2. Gigi Eat Cake Berry : Rp. 60.000,00
3. Gigi Eat Cake Cokelat Kuadrat :
Rp. 60.000,00
4. Gigi Eat Cake Pisu : Rp. 60.000,00
5. Gigi Eat Cake Coju : Rp. 60.000,00
6. Gigi Eat Cake Pink Velvet : Rp. 65.000,00
7. Gigi Eat Cake D-Choco : Rp.
65.000,00
8. Gigi Eat Cake D-Cheez :
Rp. 65.000,00
c.
Promotion (Promosi)
Gigi Eat Cake melakukan promosi dengan
menggunakan media social. Gigi Eat Cake, sebagai salah satu produk oleh-oleh
kue kekinian dan kue hits dari Nagita Slavina dan Raffi Ahmad ini, tentu akan
berbeda dengan yang lain. Setiap Produk pun tentu melakukan promosi produknya.
Tentunya mereka percaya bahwa cara promosi seperti ini akan dapat menghasilkan
penjualan yang tinggi bagi produk mereka. Disamping menekan biaya promosi dengan
cara ini mereka juga dapat dengan mudah menggaet konsumen, khususnya konsumen generasi
muda. Lalu apa saja sih akun sosial media Gigi Eat Cake yang resmi dari Nagita
Slavina dan Raffi Ahmad?
Akun Facebook : Gigieatcake
Akun Instagram : @Gigieatcake
Akun Line : @Gigieatcake
Akun Facebook : Gigieatcake
Akun Instagram : @Gigieatcake
Akun Line : @Gigieatcake
d. Place
(Tempat)
Gigi Eat Cake telah memiliki toko di beberapa
kota di Indonesia antara lain:
1. Depok
Jalan Margonda Raya No.27 Depok.
2. Bekasi
Jalan
Jatiwaringin Raya No.93 B, Pondok Gede, Bekasi
3. Tangerang
Jalan Serpong Raya KM 7 No.2
D Tangerang.
4. Cirebon
Jalan DR Cipto Mangunkusumo No.40B,
Cirebon
5. Bogor
Jalan Jend. Sudirman No.58D, Bogor.
6.
Karawang
Jalan Galuh Mas Raya, Ruko Countyard D12
Karawang.
Sumber:
1. Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 2.Jakarta. Bumi Aksara
2. Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benjamin Molan Dan Hendra Teguh, Edisi Milenium, Jakarta, 2000.
3. http://www.gigieatcake.com
4. http://www.kajianpustaka.com/2013/06/pengertian-dan-variabel-bauran-pemasaran.html
5. http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-marketing-mix-definisi.html
6. http://reynanda50.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/08/12/marketing-mix-4p-extended-marketing-mix-4p/
No comments:
Post a Comment