Sunday, September 3, 2017

Kaitan Teori Bauran Pemasaran dengan Pemasaran Produk Makanan Gigi Eat Cake (J-Corp)

Bauran Pemasaran

Kotler (2000:18) mendefinisikan bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran. Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel terkendali yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan.
Menurut pendapat diatas bahwa variabel-variabel bauran pemasaran dapan dikendalikan oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat menyelaraskannya untuk dapat mencapai tingkat penjualan yang diinginkan.  Mc Carthy (Kotler, 2000:18) mempopulerkan sebuah klasifikasi empat unsur dari alat-alat bauran pemasaran yang dikenal dengan empat  P (four Ps) yaitu produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place), promosi (promotion).
Bauran Pemasaran
1. Product (Produk)
    Produk merupakan unsur pertama dan yang paling penting dalam bauran pemasaran. Perencanaan bauran pemasaran dimulai dengan memformulasikan suatu penawaran yang dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Kotler (2000:448) menjelaskan bahwa produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan , diperloleh, digunakan, atau dipasarkan meliputi barang-barang fisik, pengalaman, peristiwa, orang , tempat, property, organisasi, gagasan. 
2. Price (Harga)
   Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas, harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa. (Kotler, 2005).
3. Promotion (Promosi)
   Promosi mencakup semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya pada pasar sasaran (Kotler, 2005)
4. Place (Tempat)
   Definisi menurut Philip Kotler mengenai distribusi adalah "Berbagai perusahaan berusaha membuat produk dapat diakses dan tersedia untuk target pelanggan"
Sekarang saya akan coba membahas variabel-variabel bauran pemasaran yang terdapat pada produk makanan Gigi Eat Cake



Gigi Eat Cake

Cake unik hasil kreasi selebriti Nagita Slavina dan raffi Ahmad ini dikemas dan dinamai Gigi Eat Cake, tentu disertai jargon #segigitbikinhits dan #Gigitgigitgigit.
Cake ini telah menjadi favorit masyarakat yang mencicipinya. Tentu cita rasa Gigi Eat Cake ini spesial. Gigi Eat Cake ini spesialis di kue bolu lapis. Tapi uniknya dan yang membedakan dari kue-kue lainnya, bagian tengah kue bolu ini ada lapisan chrunchy sepertti adonan pie, ditambah ada manis-manis dari icing sugarnya. Tekstur kue nya lembut dan kering, tidak berminyak. Overall tidak terlalu manis.

a. Produk
   Gigi Eat Cake menyediakan berbagai macam pilihan produk kue dengan beraneka ragam pilihan rasa. Tujuan dibuatnya beragam jenis produk adalah untuk mempermudah konsumen memilih produk kue sesuai dengan selera masing-masing.  Adapun produk-produk yang mereka tawarkan adalah:
    1. Gigi Eat Cake Pandan
gigi-eat-cake
2. Gigi Eat Cake Berry
gigi-eat-cake
3. Gigi Eat Cake Coklat Kuadrat
gigi-eat-cake
4. Gigi Eat Cake Pisu (Pisang Susu)
gigi-eat-cake
5. Gigi Eat Cake Coju (Cokelat Keju)
gigi-eat-cake
   6. GigiEat Cake Pink Velvet
  gigieatcake
7. Gigi Eat Cake D-Choco
gigieat-cake
8. GigiEat Cake D-Cheez
 gigieatcake


b. Price (Harga)
    Harga yang ditawarkan Gigi Eat Cake juga bermacam-macam, mulai dari 60k rupiah sampai 65k rupiah. Berikut daftar harga gigi eat cake:
1.  Gigi Eat Cake Pandan                        : Rp. 60.000,00
2. Gigi Eat Cake Berry                             : Rp. 60.000,00
3. Gigi Eat Cake Cokelat Kuadrat            : Rp. 60.000,00
4. Gigi Eat Cake Pisu                               : Rp. 60.000,00
5. Gigi Eat Cake Coju                              : Rp. 60.000,00
6. Gigi Eat Cake Pink Velvet                    : Rp. 65.000,00
7. Gigi Eat Cake D-Choco                       : Rp. 65.000,00
8. Gigi Eat Cake D-Cheez                       : Rp. 65.000,00
 gigieatcake


c. Promotion (Promosi)
    Gigi Eat Cake melakukan promosi dengan menggunakan media social. Gigi Eat Cake, sebagai salah satu produk oleh-oleh kue kekinian dan kue hits dari Nagita Slavina dan Raffi Ahmad ini, tentu akan berbeda dengan yang lain. Setiap Produk pun tentu melakukan promosi produknya. Tentunya mereka percaya bahwa cara promosi seperti ini akan dapat menghasilkan penjualan yang tinggi bagi produk mereka. Disamping menekan biaya promosi dengan cara ini mereka juga dapat dengan mudah menggaet konsumen, khususnya konsumen generasi muda. Lalu apa saja sih akun sosial media Gigi Eat Cake yang resmi dari Nagita Slavina dan Raffi Ahmad?
Akun Facebook : Gigieatcake
Akun Instagram : @Gigieatcake
Akun Line : @Gigieatcake


d. Place (Tempat)
  Gigi Eat Cake telah memiliki toko di beberapa kota di Indonesia antara lain:
 1. Depok
     Jalan Margonda Raya No.27 Depok.
 2. Bekasi
     Jalan Jatiwaringin Raya No.93 B, Pondok Gede, Bekasi
 3.  Tangerang
      Jalan Serpong Raya KM 7 No.2 D Tangerang.
 4.  Cirebon
      Jalan DR Cipto Mangunkusumo No.40B, Cirebon
 5. Bogor
     Jalan Jend. Sudirman No.58D, Bogor.
 6. Karawang

     Jalan Galuh Mas Raya, Ruko Countyard D12 Karawang.





Sumber:
1. Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 2.Jakarta. Bumi Aksara
2. Kotler, Philip,  Manajemen Pemasaran,  Alih Bahasa Benjamin Molan Dan Hendra Teguh, Edisi Milenium, Jakarta, 2000. 
3. http://www.gigieatcake.com 
4. http://www.kajianpustaka.com/2013/06/pengertian-dan-variabel-bauran-pemasaran.html
5. http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-marketing-mix-definisi.html
6. http://reynanda50.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/08/12/marketing-mix-4p-extended-marketing-mix-4p/





No comments:

Post a Comment